Kumpulan Puisi Tema Lingkungan


Hijaukan sekitarmu

Ambilah cangkul
Ambilah bibit tanaman
                Cangkul tanah
                Tanam bibit tanaman
Beri pupuk siramkan air
Sirami tanaman setiap hari
                Hari berganti hari
                Minggu pun segera berlalu
Tanaman t’lah tumbuh
Lingkungan menghijau
                Membuat asri sekitarnya
                Membuat sejuk dipandang mata
Maka janganlah malas
Jangan pula merasa enggan
                Hijaukan sekitarmu
                Dengan aneka ragam tanaman


Sampah oh Sampah
Sampah,
Namamu sangat popular
Semua orang mengenalmu
Semua orang pernah berurusan dengamu

Sampah,
Banyak orang membencimu
Banyak orang menjauhimu
Bahkan, semua bibir mencibirmu

Sampah,
Kamu memang patut dicela
Karena kamu kotor dan bau
Karena kamu sumber penyakit

Sampah,
Kamu memang kotor dan bau
Tetapi aku tidak membencimu
Karena kamu punya banyak guna

Sampah,
Kamu bias jadi pupuk tanaman
Plastic dan kertas didaur ulang
Jadi alat rumah tangga yang berguna


Tempat Baru

rumah bercat biru muda
itulah rumah baruku
yang belum lama aku tempati
yang belum lama aku huni

rumah baru lingkungan baru
tetangga pun baru

aku senang di tempat baru
banyak teman banyak saudara
banyak mainan banyak hiburan
banyak sarana banyak belajar

lingkungan baruku,
aku suka denganmu,
aku senang dengan suasanamu
aku terkesan dengan keramahan wargamu
aku bahagia tinggal di lingkungan baruku


Tanah Gersan Tanah Meradang

Tanah gersang panas dan meradang
Tak satu pun mata memandang
Setiap napas membuang pandang
Tak satu pun melirik senang
Tak satu pun lagu merdu berdendang
Di tanah gersang tanah meradang
                Para peladang t’lah meninggalkanmu
                Para pedagang tak lagi menginginkamu
                Tinggalah dirimu meratap mengiba
                Merintih sedih t’lah begitu saja terlupa
Kepada siapa aku ‘kan memohon
Kepada siapa aku ucapkan pinta
Begitu rintih tanah gersang tanah meradang
                Aku ingin seperti dulu
                Aku ingin hijau kembali
                Aku ingin menyejukkan sekitarku lagi
Wahai, dengarlah suaraku
Suara tanah gersang tanah meradang
Suara merana dan penuh iba

Comments